Perpusinfo? Belajar Apaan di Jurusan itu?

Well.. Hello people!
Kebetulan kali ini sedang sangat mood untuk menulis, jadi ya.. hadirlah tulisan ini. Sebenernya udah lama sih mikir buat nulis tentang ini. Tapi karena moodnya baru muncul sekarang yaaaaaa apa boleh buat. Hehe...
Yo! Apa kabar? Kali ini aku nulis tentang sesuatu yang “sepertinya” agak berfaedah. Tapi ga tau juga sih ya. WKWK.. Tulisan ini dibuat karena aku lelah dengan pertanyaan tentang.....

“Di Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi belajar apa aja sih?”

Ya kalo sehari ada 5 orang aja yang nanya, cape sumpah ngomongnya. Jadi ya lebih baik buat aja tulisannya. Let’s check it out!


Perpustakaan dan Ilmu Informasi a.k.a Perpusinfo atau masyarakat lebih sering menyebutnya ‘Ilmu Perpustakaan’.

Hah? Apaan sih itu?
Perpustakaan dan Ilmu Informasi (Perpusinfo) adalah Program Studi (Prodi) atau jurusan yang memiliki konsentrasi terhadap keilmuan mengenai perpustakaan dan ilmu informasi. Tapiiii..... karena Perpusinfo ini merupakan keilmuan yang multidimensi, maka mulai dari filsafat, ilmu alam, ilmu terapan, bahasa, ilmu sosial... SEMUANYA DIPELAJARI dan BISA NYAMBUNG KE RANAH PERPUSINFO. Kaget sih btw pas pertama kali tau ternyata mempelajari banyak rumpun ilmu. HAHA..
Nah karena keilmuannya yang multidisiplin, Perpusinfo ini ada di fakultas yang berebeda-beda di setiap Universitas. UPI ada di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Unpad ada di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), UI ada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB), UM ada di Fakultas Sastra, IPB ada di Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA Pascasarjana), Unair di Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (Fisip), dan masih banyak lagi lainnya.

Perpustakaan dan Ilmu Informasi FIP UPI
sumber: https://web.facebook.com/prodiperpusinfo/photos/a.787068004676166.1073741825.786876694695297/787563121293321/?type=1&theater

Belajar apa aja sih di Perpusinfo?
Ya... karena aku anak Perpusinfo UPI, jadi ya ini isinya tentang apa aja yang aku pelajari selama kuliah 3 menuju 4 semester ini di UPI. Tapi secara umum sama aja kok buat mata kuliah di bidang perpustakaannya mah. Perbedaannya hanya pada mata kuliah fakultas yang dipelajari.
Ada beberapa mata kuliah yang sebenernya aku bener-bener ga nyangka bakal belajar ini di Perpusinfo. Mata kuliah yang kentara banget dengan perpustakaan seperti klasifikasi, katalogisasi, pelayanan, akuisisi, itu mah udah pasti dipelajari kan ya. Nah kalo yang ini beda dan emang bikin ngomong “OH BELAJAR GINIAN JUGA YA?” HAHAHAHA. You know? Aku beneran ketawa waktu itu :((( Oke skip, berikut mata kuliah Prodi yang berhasil menarik perhatianku:

1. Media Cetak dan Non Cetak: Belajar tentang pengertian, jenis, cara membuat, pokoknya segala macam tentang media cetak dan non cetak. Di mata kuliah ini juga belajar tentang cara desain pake Microsoft Paint, Adobe Photoshop, dan Corel Draw. Lalu cara bikin film pendek mulai dari naskah, konsep, story board, sampai praktik bikin film pendek itu sendiri. Selain itu ada juga tugas untuk melakukan observasi ke percetakan buku dan itu momen yang emang kocak banget sih.

2. Psikologi Perpustakaan: Masuk ke Perpusinfo kirain ngebahas masalah buku doang. Taunya belajar psikologi secara umum juga. Mulai dari perkembangan mental, kebutuhan mental, tingkah laku yang dihubungkan dengan kebutuhan pemustaka. Well.. banyak sekali.

3. Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Ketika jurusan lain mah materi tentang mengutip, daftar pustaka, plagiarisme dipelajari di tingkat 2 atau 3, eh ini mah awal masuk udah dikasih materi begini. WKWK..

4. Perencanaan dan Perancangan Fasilitas Perpustakaan dan Informasi: Merasa jadi desainer ruangan dong. Keren abis mata kuliah ini mah. Observasi ke toko furniture buat bikin rancangan desain perpustakaan sendiri. Kenapa perpustakaan harus didesain semenarik mungkin? Di sini dikupas abis. Mantap!

5. Otomasi Perpustakaan: Belajar tentang teknologi, perkembangan, asal mula, sampai gimana cara supaya teknologi yang sedang berkembang ini bisa diterapkan di perpustakaan. Asik ga tuh?

6. Bimbingan Minat Baca: Apa ini? Ternyata sebagai (calon) pustakawan harus tau cara meningkatkan minat baca seseorang. Mengingat minat baca bangsa Indoensia tergolong rendah, nah pustakawan punya andil besar untuk memikirkan gimana cara meningkatkannya melalui mata kuliah ini. Dan selama mata kuliah ini juga mahasiswanya sekalian diterapi biar pada suka baca. Hahaha..

7. Literasi Informasi: Literasi itu lagi digembor-gemborkan sama pemerintah lewat GLS kan? Emang penting ya literasi itu? Nah, semuanya bakal kejawab di mata kuliah ini sebagai persiapan masyarakat dalam bersaing di abad ke-21.

8. Perpustakaan Digital: Cuma ada dua pilihan. Mau diem aja liatin perkembangan zaman atau ikut berkembang bersama dengan zaman? That’s why Digital Library was born.

9. Bibliotherapy: Merupakan salah satu metode terapi secara psikologis dengan menggunakan media bahan bacaan. Meskipun Melakukan terapi hanya secara psikologis tetapi ingatlah pepatah ”Men sana in corpore sano” di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

10. Manajemen Museum: Dipikir bahas tentang perpustakaan doang ternyata belajar mengenai museum juga dong. Ga ngerti lagi dengan keluasan keilmuan ini....

Dah ah 10 aja. Kebanyakan entar.

Oke. Lanjut. Nah terus suka banyak yang nanya juga. Ada praktik ga?
YA ADA DONG. Tapi bukan di lab... langsung di Perpustakaan Pusat UPI. WKWK (Songong ya haha..) Praktik langsung di Perpus UPI cara akses jurnal, ngasih user education, ngeklasir buku, ngolah buku dari awal pertama dateng sampe bisa ada di rak. Ya... bagi yang suka bilang “Perpustakaan mah gampang kuliahnya” sini coba ngeklasifikasi buku sama bikin katalog judul, pengarang, subjek, sama nomor klasifikasi sekalian input, menentukan tajuk subjek, masang nomor klasifikasi, tagging, dan kamuflase juga :))

Pemberian cap kepada koleksi

Pemeriksaan data koleksi

Prospek kerja?
Nah ini yang paling banyak ditanyain. Percayalah, hampir semua sekolah dan lembaga mempunyai perpustakaan dan arsip yang harus dikelola. Dengan jumlah lembaga (pemerintah & non-pemerintah), perpustakaan dan sekolah yang banyak tersebar di berbagai daerah kebayang dong betapa banyaknya lapangan kerja untuk para pengelola informasi, para pustakawan? Jawab aja sendiri.

Apa lagi ya? Kok jadi bingung. Intinya sih gitu. Perpusinfo ini beneran Prodi yang keren banget sih menurutku. Dulu kan perspektif masyarakat tentang perpustakaan pasti gedung tua penuh buku berdebu dan dikelola oleh pustakawan tua yang galak. Padahal ngga. Plis. Main ke Perpustakaan Daerah atau ke Perpustakaan Nasional RI yang 27 lantai itu sekalian. KEREN PARAH! Beberapa foto yang ada di bawah ini malah memperlihatkan bahwa Perpustakaan itu sebenernya kece. HAHAHA

27 lantai nih!

Foto keluarga nyasar di mari ( '-')

Salah satu sudut ruangan di Perpusnas RI

Ini baru pintu masuk Perpusnas RI...

Terakhir sebagai penutup, Perpusinfo adalah keilmuan yang sangat luas. Semua rumpun ilmu dipelajari di sini. Karena memang begitulah karakter yang harus dimiliki oleh seorang pustakawan.
Seorang pustakawan setidaknya harus tau sedikit dari banyak hal di luar keilmuannya sendiri.
– Pak Ajie ketika pembelajaran di kelas Mata Kuliah Akuisisi, 2017

Udah kali ya. Kepanjangan perasaan. Jika ada yang mau ditanyain mah tulis aja di kolom komentar atau cek web Perpusinfo UPI. Banyak info yang bisa didapet di sana pastinya. Ubek-ubek aja lagi infonya sendiri ah wkwk..



Okay, that’s all!
Thanks and see u readers!

p.s: Foto di atas berasal dari dokumen pribadi.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ksatria Web!

Gladion

Yap, itulah yang disebut perjuangan!