Secuit Pengalaman UPI BOOKPEDIA III


Well.. Hello. Ini tulisan nirfaedah sepertinya... Hanya berisi cuitan pengalaman selama kegiatan kemarin. Ya... Yang mau nyimak silakan, tapi kalo yang ga minat juga gak apa-apa. Kalem aja. Ga maksa. Hehehe *apasih :(

Oke.. Ini dia. Pada tanggal 21-23 Maret 2018 lalu, BEM KEMA PERPUSINFO atau BEM-nya anak Perpustakaan dan Ilmu Informasi UPI baru aja beres menjalankan program kerja (proker) terbesarnya yang terakhir yakni UPI BOOKPEDIA III. Banyak banget halangan, rintangan yang menerjang dalam pelaksanaan proker ini. Mulai dari masalah-masalah remeh, masalah yang besar juga apalagi jangan ditanya, terus masalah internal, belum lagi eksternalnya ya... cukup bikin para panitia sering ngabatin mikirin ini proker gimana nasibnya.
Ga perlu dijelasin lah gimana persiapan-persiapan yang udah dimulai sejak H-2 bulanan. Proposal, konsep acara, uang, perizinan, surat-menyurat, gila buset banyak banget yak.... Tapi dengan kepepet segala usaha, akhirnya semuanya selesai tepat pada waktunya karena kerjasama yang hebat antar panitia. MasyaAllah...

H-1 Acara: Semua udah siap, tapi.....
Ya,  semua sudah siap tapi... semuanya degdegan. Sangat degdegan. Jujur saja, banyak diantara panitia yang pesimis jika acara akan berhasil. Namun bagaimanapun semuanya harus tetap dilaksanakan karena semuanya hanya tinggal prakna. Mau tidak mau, apapun hasilnya.. Acara harus tetap berlangsung.

Day 1: Banyak yang mau donor darah euy!
Hari pertama adalah pembukaan. Tanpa diduga-duga, banyak sekali dosen yang hadir untuk mengikuti acara pembukaan. Tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang bagus. Selesai pembukaan acara yang diresmikan langsung oleh dekan FIP UPI, acara UPIBOOKPEDIA III resmi dimulai! Donor darah dan cek kesehatan mata adalah kegiatan di hari pertama. Dan Alhamdulillah, antusiasme warga UPI untuk donor darah serta cek kesehatan mata sangat besar. Selain itu, dimulai pula bazzar buku dari 9 penerbit Nasional. Mantap! Hari pertama berlangsung dengan lancar... Alhamdulillah..

Sebelum Pembukaan

Peresmian Acara

Foto Bareng

Foto Bareng Panitia

Donor Darah

Day 2: Semnas pengganti kuliah dan launching buku yang baper parah!
Hari kedua merupakan hari yang paling padat. Di mana ada dua kegiatan yang akan dilaksanakan. Pertama yaitu Seminar Nasional mengenai “Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Menyongsong Indonesia Emas tahun 2045” kemudian dilanjutkan dengan Launching Buku karya Alumnus Perpusinfo angkatan 2011, teh Dita Dwi Putri “Catatan Harian Hidup Bersama CRPS”. Kegiatan Semnas ini diisi oleh Pak Nero (Ketua Forum TBM Jabar), Pak Asep (Dosen Ilmu Infromasi dan Perpustakaan Unpad) dan Pak Eriyandi (Fasilitator Program PerpuSeru) serta dengan moderator Pak Gema (Dosen Perpusinfo UPI). Sebenernya tidak ada kesalahan berarti yang dibuat sih kecuali bagian aku sebagai operator yang malah ingin ke toilet di tengah Seminar -__- *skip. Kemudian dilanjut dengan Launching Buku. Ga bisa ngungkapin lebih jauh sih, yang jelas..... silakan beli dan baca sendiri bukunya. Sekedar info, baru baca pengantarnya saja aku udah baper dan pas launching bukunya kemarin, banyak banget peserta yang nangis berurai air mata (termasuk aku hehe) karena saking... apa ya, sedih gitu. Pokoknya beli sama baca aja gera bukunya. Dah gitu aja. Dan hari kedua pun selesai. SEHARI LAGI WOY SEMANGAT!!!

Operator life

Foto Bareng Semnas

Pemberian Penghargaan pada Teh Dita

Day 3: Risa Saraswati dan akustikan malam hari!
Hari ketiga nih. Ikutan bedah buku “Maddah” punya Risa Saraswati dengan Risa secara langsung. RAMAH BANGET WKWKWK. Meskipun agak horror sih ya.. karena... you know lah. Ketika peserta nyanyi lagu “Abdi teh, ayeuna...” Cuma sepotong kemudian teh Risa bilang, “Itu kata ‘anak-anak’ lagunya beresin. Yuk nyanyi lagi.....” dan kita peserta kek, “Bentar.... ‘anak-anak’ yang mana.............” Sip. Abis itu kepikiran terus dah ya gaes :) Tapi bener-bener worth it sih bedah bukunya. Mantap! Apalagi pas bagian ngejar teh Risa yang udah keluar buat minta waktu teh Risa sebentar supaya bisa difoto bareng sama Ambu. It was an amazing moment. Abis itu kita break kecuali buat panitia yang kebagian jaga bazzar buku. Ya.. wayahna itu mah sih. Sambil nunggu malem, sebelum acara penutupan berlangsung. Nah, malemnya nih saatnya penutupan acara UPI BOOKPEDIA III dengan akustikan. Dengan bintang tamu yang oke, membuat malam itu cukup indah untuk dinikmati. Hahaha.. Meskipun setelah (Pak) Riksa “Bio” N’ Friends tampil aku malah niis di samping BPU. Maaf.. Tapi da asli rieut. WKWK *oke skip. Dengan berakhirnya acara akustikan malam itu, secara simbolis kegiatan UPI BOOKPEDIA III pun berakhir! Saatnya panitia ucapkan... Alhamdulillah.....

Bersama Risa Saraswati

(Pak) Riksa "Bio" N' Friends

Well.. Apa ya, bagaimanapun acara kemarin telah berhasil dilaksanakan. Semua pengalaman yang didapat akan menjadi pelajaran berharga bagi panitia maupun voulenteer. Apapun itu, semoga acara ini bisa menjadi pengikat tali silaturahmi yang baik untuk semua pihak yang ikut terlibat dalam acara. Terimakasih kepada semua pihak yang sudah meramaikan dan mensukseskan semuanya. Semoga kita bisa kembali bekerja bersama dengan lebih baik lagi di lain kesempatan.
Mungkin itu saja untuk kali ini. Males nulis lebih panjang lagi. HAHAHA.

Thank u and see u readers! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ksatria Web!

Gladion

Yap, itulah yang disebut perjuangan!