Langsung ke konten utama

Yap, itulah yang disebut perjuangan!

          Maaf, kali ini post rada berbeda. Ini artikel tentang perjuangan hidup gue dalam belajar selama SMA ini. Mungkin konten ini bakal berisi tentang ‘curhatan hati seorang Hafsah’. Kalau elo ga kuat bacanya, bisa lambaikan tangannya ke arah kamera *dikemplang*. Artikel ini gue buat karena selain lagi ga ada kerjaan, gue tertarik sama buku A Tale Of Two Cities - Charles Dickens (1859). Siapa tau aja bukunya rezeki gue kan ya *ini bukan kode*.


          Yo… Domou, nama gue Hafsah Nugraha. Sekarang lagi ada di kelas XII. Tapi banyak yang ga percaya karena fisik gue yang lebih mirip anak SMP *padahal gue udah ber-KTP* Gue adalah anak IPA gaes! Anak IPA yang salah masuk rumah jurusan. Sekolah di SMAN 1 Cicalengka atau biasa disebut Chexo (Cicalengka adalah salah satu kawasan yang berada di Kabupaten Bandung, terletak di antara Rancaekek dan Nagreg). Gue adalah angkatan pertama kurikulum 2013! \(^o^)/

          Yang gue inget dari Kurikulum 2013 itu adalah sistem penjurusannya dimulai dari kelas X! Padahal, gue kan masih pengen nyoba-nyoba ih :(( Ya, emang sih psikotest gue hasilnya lebih condong ke IPA, tapi gue merasa ga sreg aja gitu karena di sisi lain, gue suka IPS juga. Dan akhirnya setelah dapet berbagai macam masukan dari orang tua, temen  meskipun berupa hasutan, juga beberapa gosip image kurang baik dari anak IPS, gue pun masuk IPA meskipun ga begitu yakin kalau gue bakal cocok di sana. Jeng…jeng….jeng… Inilah gue, Hafsah Nugraha anak dari emak bapaknya yang masuk kelas IPA!

          Masa SMA ga seindah yang elo pikir sob. Elo tau, di awal-awal masuk sekolah gue udah stress duluan! Gila, belom juga kenal sama temen sekelas, udah disuruh bikin kelompok aja! Bingung abis dah. Akhirnya dengan member yang cukup menyedihkan gue pun punya kelompok. Yap, itulah kelompok mapel MATEMATIKA. Kelompok buat apa sih? PRESENTASI! Etdah! Materi Matematika yang ‘katanya’ nyeremin itu, malah disuruh dipresentasiin. Mana buku sumber kagak jelas. Gue galau lah di sana, GUE MESTI BELAJAR SAMA SIAPA? Bingung abis! Tapi untungnya, pelajaran lain gue bisa ngikutin. Ga tau kenapa, cuma Matematika doang yang serasa SEREM dan ga paham ke guenya. Mungkin Matematika benci sama gue *skip*

          Selama satu dekade semester, gue nyari berbagai macam cara buat belajar materi Matematika terutama bagian yang bakal gue presentasiin. Tanya sana, tanya sini, bahkan sampe rengek-rengek minta les. Sampe gue akhirnya ketemu sang guru besar, kang RifadAJ seorang kakak kelas yang suka teh Wilona memberikan pencerahan sama adek-adeknya terutama yang nasibnya kek gue. Dia pernah nyaranin buat pake ZENIUS *emang kek sales sih kang Rifad ini*/*ampun kang*/*nanti dikasih pocky deh*. Elo tau respon gue? Cuma ngangguk-ngangguk nyepelein! Gue mikir “Belajar di sekolah aja gue kagak masuk, apalagi online kek Zenius?” Dan satu semester pun berlalu.

          Hasilnya?

          NILAI MATEMATIKA GUE BAGUS!

          Gue ngerasa, ternyata tanpa les pun gue bisa! Nilai Matematika gue udah bagus. Kalem aja kalau gitu, belajar sendiri di rumah juga bisa. Elo bayangin, gue mikir gitu. Betapa bodohnya :’’’’’)))

Semester dua pun masuk. Gue masih dihantui dengan tawaran pake ZENIUS. Sekarang bukan cuma kang Rifad, tapi temen-temen gue yang lain mulai ngajakin buat nge-Zen. Dan sayangnya, gue masih berpegang teguh pada prinsip ‘Tanpa les pun, nilai gue tetep bagus.’ Gue tolak ajakan mereka.

          Parahnya, gue malah jadi mencibir mereka yang nge-Zen *jahat banget* Gue seolah-olah bilang gini “So so an banget, kayak yang materinya bakal masuk aja.” Ya ampun, gue loh itu :(((

          Ga ada peningkatan belajar yang berarti di semester dua ini, selain peningkatan nilai yang bebeledagan. Nilai semester dua gue indah sekali!!! MAKIN PEDE LAH GUE! Prinsip ‘tanpa les pun nilai gue tetep bagus’ makin terpancong di diri gue.

          Masuk ke kelas XI, gue bukannya tobat malah jadi sibuk ekskul. GUE GA INGET BUAT APA GUE SEKOLAH! Gue cuma inget pergi sekolah, nugas, ekskul. Pelajaran yang nempel? Paling cuma berapa persen. Dikit banget. Tugas yang gue kerjain juga paling tugas makalah, powerpoint, atau laporan. Kalau tugas latihan soal, jarang banget gue kerjain. Saking malesnya, karena ga paham dengan materinya. BENER-BENER GA PAHAM!! Karena lelah dengan semuanya, gue pun lari ke obat-obatan anime. Dalam keadaaan seperti itu, gue masih nolak AJAKAN BAIK temen-temen gue buat nge-Zen. Belagu banget :((

          Nilai rapot gue pun, turun. Sayangnya bukan cuma gue, tapi satu kelas turun semua. Gue pun dengan lucunya menyimpulkan bahwa ini adalah “settingan” dari pihak sekolah untuk nurunin nilai-nilai muridnya. Pikiran paling ceroboh.

          Kelas XI semester dua, ga jauh beda. Cuma, rutinitas gue jadi ganti. Dari ‘sekolah, nugas, ekskul’ jadi ‘sekolah, nugas, garapan’ dan GUE NGERASA JADI ORANG SIBUK BANGET SELAMA KELAS XI INI! Minggu aja gue kudu latihan garapan, biar apa coba? :(( Jadi untuk nilai rapot kelas XI udah deh jangan ditanya. Terjun payung, meskipun ga jauh-jauh amat. Dan gue pun MASIH TEGUH dengan prinsip gue! Kapan tobat woy?!

          Jeng…. Jeng….. jeng,….

          MASUKLAH KE KELAS XII!

          Gue adalah manusia paling santai sejagat raya! Gue masih berpegang teguh dengan prinsip gue ‘tanpa les pun, gue bisa!”

Pada bulan pertama kelas XII, emang ga ada masalah, sampai akhirnya... Pertanyaan-pertanyaan mengerikan pun mulai terdengar di telinga gue... *backsound horror*
1. Gimana siap UN?
2. Elo les di mana? Gue di ************ (jumlah bintang tidak menandakan jumlah huruf)
3. Elo kuliah mau ke mana terus jurusan apa? (paling horror)
4. Dan pertanyaan lainnya yang sejenis.

Jujur aja, pertanyaan-pertanyaan itu bikin gue pusing sendiri. Kalau lo mau tau, ini jawaban gue buat pertanyaan-pertanyaan di atas
1. Boro-boro, materi aja masih banyak yang harus gue kejar.
2. Gue mah lesnya nanti aja.
3. Ga tau. Belum kepikiran.

Nyantai banget idup gue ya? Hadeuh….

Temen-temen gue pada sibuk les sana-sini. Nyari buku UN, SBMPTN, ngomongin jurusan kuliah. Nah gue? Kagak kepikiran banget :(( Ya Alloh….

          Gue galau lagi! Mikirin masa depan. UN, SBMPTN, kuliah. Di tambah tekanan dari orang-orang terdekat, temen sekolah, tetangga, komplit lah. Meskipun di luar gue keliatan biasa aja, ketawa, becanda, masih bisa nonton anime, maen… tapi… kepala gue ga bisa lepas dari badan pikiran tentang masa depan! Terutama masalah kuliah, sebenernya gue mau ke mana?

          Hampir dua minggu, nyari info sana-sini, surfing, wawancara kakak kelas, baca artikel tentang kuliah, gue pun mulai kepikiran buat mulai ngejar SBMPTN. Dengan keisengan yang luar biasa, gue baca, gue dengerin testimoni dari orang-orang yang les diberbagai tempat. Dan hasilnya……. GUE PUN DENGAN MALU-MALU NYOBA BUKA MATERI PELAJARAN DI ZENIUS.

          Awalnya, gue masih ragu apa bakal berhasil, dan pas gue buka salah satu video Zenius………. GUE JATUH CINTA! Gue jadi ngeluarin duit Rp400.000,00 buat jadi member premiumnya. Semua demi kamu, cuma kamu Zen *eaaa*

          Gue sampe detik ini ga pernah nyesel ngeluarin duit Rp400.000,00 buat beli voucher Zenius. Manfaatnya bener-bener kerasa. Tapi sebelum kerasa manfaatnya, banyak hal yang udah buat lewatin buat dapetin manfaatnya itu.

          Ternyata, belajar pake Zen itu ngga enak pada awalnya. Bener loh. Bagi elo yang ga biasa mantengin layar PC, lappy, atau gadget lo buat belajar, elo pasti ngerasain apa yang disebut dengan rasa kantuk yang luar biasa-super-duper-mega-fantastis. Kerasa banget sama gue. Baru buka 3 video materi pelajaran aja, gue udah nguap. Tapi namatin anime satu season gue sanggup. Gue pun mencoba berbagai macam cara supaya ga gampang ngantuk. Dan akhirnya…. Gue pun bikin target. Kalau hari ini 1 video, besok harus 2, selanjutnya lagi 3, lalu selanjutnya lagi harus 4, dan terus gitu sampe akhirnya mata gue TERBIASA dengan nonton video materi pelajaran Zen tanpa ngantuk sama sekali. Yeay!

          Tapi ada masalah lagi! Gue masih ga bisa lepas dari anime! Anime..anime...anime aja terus... Gue harus nyari cara, supaya ga lepas dari anime tapi belajar tetep masuk. Elo tau apa yang akhirnya gue lakuin? Gue tempel quotes dari tokoh favorit anime gue di TEMBOK KAMAR, SAMPUL BUKU, BAGIAN BELAKANG BUKU CATETAN. Gue ga paham, tapi tiap kali liat tokoh anime favorit gue itu, gue jadi semangat. Selain itu, gue jadi bikin jadwal nonton. Paling lama 2 jam (4 episode) per hari. Tapi biasanya kurang dari itu kok atau ngga nonton sama sekali. Nontonnya pun paling selingan doang. Cara itu efektif buat gue.

          Masalah baru muncul lagi. PR yang banyak, bikin gue ga bisa buka Zen pas waktu belajar. Gue sibuk ngerjain PR sama tugas. Gue pun nyari cara. Nge-Zen setelah ngerjain PR sama tugas ternyata ga bisa. Gue udah terlalu lelah. Nge-Zen selama tanggal merah ga bisa, karena gue ternyata butuh waktu refreshing. Nge-Zen di sekolah setelah jam sekolah berakhir pun ga bisa, karena selain banyak yang ngerjain tugas kelompok di sekolah, gue juga ga akan bisa konsen kalau belajar sambil dikerubungi orang. Gue belum nemu cara yang pas.

          Selama hampir dua minggu Zen terlantar. Akhirnya dengan berbagai macam pertimbangan, gue memutuskan untuk belajar jam dua malem sampe jam empat pagi! Dan berhasil. Berhasil bikin gue tidur siang di sekolah setelah beres pelajaran. Tapi itu ga terlalu buruk. Gue enjoy dengan itu semua. Ditambah lagi materinya pun terserap dengan mudah ke otak gue.

          Oh, iya. Ngomong-ngomong, materi yang gue pelajari buat SBMPTN adalah materi TKPA doang. Kenapa? Karena menurut salah satu artikel Zenius. Kalau elo ga tau harus kuliah ke mana tapi elo pengen belajar materi SBMPTN, lebih baik elo belajar materi TKPA aja dulu selagi nyari jurusan kuliah elo. Dan gue bener-bener nerapin konsep itu.

          Gue masih bingung harus kuliah ke mana. Gue merasa ga cocok di IPA. Ga cocok kuliah di saintek. Gue merasa itu buka passion gue. Gue sempet kepikir buat masuk Ilmu Komputer, tapi... ternyata itu Matematika abis. Gue pikir Ilkom itu, tentang merakit PC, lappy, bikin teknologi berbasis PC, dan yang lain yang semacam itu. Taunya pemrograman ya... ga jadi deh. Ga jadi.

          Gue liat beberapa brosur di BK tentang daftar jurusan di PTN daerah Bandung. Dan gue tertarik sama jurusan X yang ada di PTN A. Tapi itu soshum, IPS. Sementara gue anak IPA! Lagian, emang boleh sama orang tua? Emang sanggup gue ngejar? Gue kemudian galau lagi.

          Gue pun ngobrol dengan orang tua….
          Dan mereka mendukung gue masuk jurusan X! Seneng setengah mati! Akhirnya apa yang gue mau bisa jadi kenyataan. Impian gue sejak jadi anggota KIR SMA N 1 Cicalengka bisa terwujud. Sekarang tinggal meyakinkan diri gue aja buat serius masuk ke sana!

          Bentar, ITU BERARTI GUE KUDU LINTAS JURUSAN DONG? Wih gue anak IPA nih, kuliah ngambil soshum. Sanggupkah gue ngejar? Oh… bakalan jadi perjalanan berat, tapi kayaknya gue lebih enjoy ngejar materi soshum seabreg tapi gue suka dan bisa paham materinya daripada tetep di saintek tapi gue ga ada kemajuan. Oke! Akhirnya gue pun memutuskan untuk ‘murtad’ ke IPS. Sumimasen desu ta!!!

          Perjuangan pun gue lanjutkan. Gue ngejar materi IPS seabreg! Sejarah, Gegografi, Sosiologi, Ekonomi, semua gue pelajarin mulai dari konsep dasarnya. Meskpiun gue belajar ekonomi di kelas Lintas Minat, gue pikir itu ngga cukup. Karena materinya jauh berbeda dengan materi SBMPTN. So, gue bener-bener belajar dari awal banget.

          Kalau target udah kekunci, belajarpun jadi makin jelas. Apalagi bareng Zenius. Gue bener-bener baru ngerasain enaknya belajar dan memahami konsep itu gimana! Edannya lagi, ketika temen-temen gue les sana-sini. Bawa-bawa buku ‘rangkuman’ materi UN dan SBMPTN tiap hari. Gue cukup bangun jam dua pagi, dan belajar selama dua jam bareng Zenius! Ya… tapi lain cerita kalau gue lagi mood belajar. Gue bisa mantengin lappy sampe 3.5 jam nonstop, cuma buat belajar!  Bener-bener ga ngerti kenapa Zen bisa bikin gue cinta dan paham materi IPS yang segunug itu.  Love U Zen!!!

          Lalu… hari itu pun tiba. Hari di mana gue ingin ngetes sejauh mana gue berhasil ngejar. Salah satu PTN di Bandung, mengadakan TO SBMPTN. 20 orang dengan nilai tertinggi, akan mendapatkan bimbingan belajar gratis untuk persiapan SBMPTN. Gue pun ikut serta TO tersebut.

          Dan hasilnya…..

          GUE MASUK 20 BESAR dari RATUSAN peserta TO!! Ya, meskipun posisi ke-19… Tapi itu 20 besar kan?!

          Gue ga tau kenapa bisa masuk! Ini luar biasa keren! Gue yang belajar dari Zenius doang, bisa lolos! Gokil abis! Zenius emang edan! Gue ngisi soal soshum paling cuma 50% atau mungkin kurang dan itu semua materi yang gue pelajari di Zenius! Sisanya gue ga tau karena belum gue pelajari. Tapi gokil banget dah! Gue bisa lolos! Alhamdulillah… perjuangan gue ga sia-sia. Orang tua makin percaya, gue pun makin enjoy belajar. Bener-bener bersyukur bisa kenal sama Zenius. Zenius ga cuma ngajarin gimana itu konsep dasar materi, tapi ngajarin juga tentang perjuangan hidup buat masa depan elo! Arigatou yo, Zen~~
         
Yap… mungkin segitu aja cerita dari gue. Gue jadi inget aja, quotes dari tutor favorit gue bang Wisnu: “Kalau lo bisa ngelewatin rasa takut itu, lo berarti udah belajar sesuatu yang baru. Dan kemungkinan besar, lo naik level.” Gue takut kalau belajar pake Zenius itu ga akan efektif. Tapi setelah gue ngelewatin rasa takut itu, semuanya keliatan jauh lebih indah. Makasih bang, quotesnya bikin gue sadar :D *ngedipin mata*.

Sore jaa… Gue pamit undur diri. Wkwkwk..
See you at my next post, readers^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gladion

Halo… Sebelumnya, gue mau mengatakan “Minal Aidzin Walfaidzin” Mohon maaf lahir dan batin ya. Gue minta maaf apabila ada perkataan atau tulisan gue yang tidak berkenan di hati teman-teman. Gue juga hanya manusia biasa :’))
Nah, back to topic kali ini gue mau post tentang “Gladion” Ya pokoknya disimak saja Guys :D

Gladion, adalah seorang Ksatria Web yang fighter modenya berwujud seperti Gladiator (petarung bersenjata, seorang ahli pedang) dengan warna dominan kuning.
Jika Gladion berubah ke bentuk vehicle mode, ia akan beberbentuk seperti kereta steam uap jadul.

Gladion dulunya tinggal disebuah planet di galaksi Andromeda, tapi semua berubah saat Negara api menyerang planetnya itu dihancurkan oleh penjahat yang bernama DELETLOSS. Karena planetnya hancur, Gladion (satu-satunya orang yang selamat) yang sudah berubah menjadi bentuk data, berkelana di luar angkasa untuk mencari tempat tinggal baru. Setelah melakukan perjalanan dengan waktu yang cukup lama, atas bantuan ENGE, Gladion dimasukka…

Ksatria Web!

Kalian tahu Anime DENNOU BOUKENKI WEBDIVER atau yang lebih sering disebut WEBDIVER. Kalau yang ngga tau ya udah :(( Kalau yang lupa-lupa ingat, boleh liat post yang lain :”
Nah kali ini mau pos mengenai Ksatria Web yang terdapat di Anime Webdiver ini. Ksatria Web berjumlah 13 dan mereka menempati Site yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jelasnya :
A.Gladion Site Gladion Site merupakan site yang paling umum, dan banyak dikunjungi oleh manusia. Gladion Site ini berisi 8 Ksatria Web dan menjaga Area yang berbeda-beda. Ksatria Web yang berada di Gladion Site yaitu :

1.Gladion Menjaga area : Magical Gate (Pimpinan) Teknik : Granvulcan. Granblaster, Granblade, Granmagnum, GranShield, GranPunch, Victory Gladion, Victory Gladion Maxima.

2.Jaguaron
Menjaga area : Wind Area Teknik : Buster Shoot (Gathering Buster)

3.Sharkon
Menjaga area : Aqua Area Teknik : Aqua Tornado

4.Griffion
Menjaga area : Sky Area Teknik : Whooming Shoot

5.Phoenixion
Menjaga area : Volcanoes Area Teknik : Hit Wave


6.Garyun
Menjaga area : …

Review Dive 01 - WebKnight! Gladion

Ada yang tahu film Dennou Boukenki Webdiver? Mungkin hanya segelintir orang yang tau tentang anime robot yang satu ini. Kenapa gue berasumsi kaya gitu? Soalnya kalau misalnya film Webdiver banyak yang tau pasti bakalan banyak orang-orang yang ngepost gambar, film, lagu tentang webdiver ini. ya ngga? Hahaha. *heh*  Lanjut ngomong-ngomong soal webdiver jadi inget masa kecil gue dulu ketika film ini masih di puter di ANTV (2003-2004) sama Spacetoon (2005-2006).
Masih ada yang inget gak jalan ceritanya gimana? *hayo kalau pada lupa lagi sekarang gue share deh jalan ceritanya. Oke. Kita mulai..
Berlatarkan tahun 2100 dimana seluruh komputer diseluruh dunia sudah terhubung ke sebuah tempat permainan virtual yang gerbangnya disebut Magical Gate. Singkat cerita sang pemeran utama Yuki Kento sedang berusaha membuat akses sendiri ke Magical Gate dengan perantara sebuah "robot mainan" yang ia program sedemikian rupa. Awalnya Yuki Kento begitu kesulitan memprogram "mainannya" it…