Langsung ke konten utama

Sesuatu yang Dirasakan Sebagai Seorang Kakak

Menjadi seorang anak pertama bukanlah pilihan. Hal itu sudah ditakdirkan oleh yang Maha Kuasa. Dan anak pertama biasanya akan berubah menjadi seorang kakak, ketika ia mempunyai adik.

PROLOG GA PENTING YA :((

Ya.. ketemu lagi nih kita, dalam topik tulisan yang berbeda. Kali ini gue mau share pengalaman aja sih. Tapi bukan pengalaman berlibur di rumah nenek atau sesuatu sejenis itu. Bukan. Sekali lagi BUKAN. Ini merupakan pengalaman gue sebagai seorang kakak dengan dua orang adik cowok yang udah gede.

Nah, kali ini apa yang mau gue bahas yaitu mengenai fungsi seorang kakak terhadap kehidupan media sosial adiknya. DAN TOPIKNYA KOK BERAT BANGET. Huft :(( Intinya sih gitu, ini merupakan sikap gue sebagai seorang kakak yang suka mengontrol kegiatan sosial media adiknya.

Let’s check it out!


Perlu diingat bahwa gue adalah kakak dari dua orang yang berumur 13 dan 11 tahun. Mereka cowok dan Alhamdulillah baik secara keseluruhan (Gue nyebut gini karena sisi menyebalkan mereka tetep aja masih ada) dan ini semua berkat kerjasama yang bagus antara kedua orang tua dan juga gue sebagai kakaknya. Hahaha... Karena seperti yang kita ketahui, seorang kakak haruslah bisa menjaga adiknya dari segala bahaya apapun. Bahaya fisik, bahaya mental, bahaya pergaulan, juga bahaya-bahaya lainnya.

Dulu ketika pertama kali adik gue minta dibuatkan Facebook, gue bimbang. Apakah harus membuatkannya atau ngga. Karena selain masih belum cukup umur, gue ga yakin kalau mereka bisa menjaga pergaulan di sosial media. Namun, seiring berjalannya waktu dan akhirnya tiba waktu mereka memiliki gadget-nya sendiri, ya... gue pikir daripada mereka bikin akun sosial media sendiri tanpa sepengetahuan gue, lebih baik gue buatkan aja dengan segala macam pengawasan agar sosial media yang mereka miliki tidak salah konten.

Dan tepat satu bulan setelah adik gue bikin Facebook dia nanya ke gue,
“Kak, mau nanya.”
“Apa?”
“Obat kuat teh apa?”
*Seketika hening* *Gue mikir keras*
“Coba tanya ibu,” kata gue nyari aman.

EH INI ANAK TAU OBAT KUAT DARI MANA?

Besoknya ibu cerita ke gue, katanya adik beneran nanyain apa itu obat kuat. Seketika gue ngakak.
“Terus ibu jawab gimana?”
“Ibu bilang, tanya aja ke ayah.”
Akhirnya masalah ini dilimpahkan juga ke ‘penguasa tertinggi’dalam keluarga. Tinggal nunggu pertanyaan tersebut dilontarkan masalah pun terselasaikan.
Gue yang penasaran, akhirnya mencari asal muasal ini anak bisa tau dari mana obat kuat. Tapi, ketika profil Facebook-nya kubuka.......

NIHIL

Ga ada yang aneh. Biasa aja. Lah, terus ini anak tau dari mana coba?
Oke lupakan sejenak masalah ini sampe akhirnya tiba malam hari ketika ayah udah pulang. Semuanya sedang kumpul di ruang tengah, dan adik gue ini dengan lucunya nanya,
“Ayah ari obat kuat apa?”
Serius, ga tahan sebenernya pengen ketawa di situ. Tapi sebelum gue ketawa, ayah dengan santai menjawab,
 “Coba tanya ke kakak.”

EH, KOK MALAH DIBALIKIN LAGI KE GUE? Gue pun nanya,

“Tau dari mana aa?”
“Di seberang sekolah ada yang jualan.”
*Hening*

Ya udah, gue udah suudzon sama sosial media dia. Padahal mah problemnya ada di depan sekolah dia sendiri. Guenya terlalu close minded. Mikir segala macam pikiran dia yang aneh-aneh datangnya dari sosial media, padahal ngga juga. Kadang hidup sebodor ini, ya :((
Setelah kejadian ini, gue memang jadi lebih sering memantau aktifitas sosial media mereka (karena kalau di dunia nyata mah keawasi langsung). Di dunia nyata aja gitu euy, apalagi dunia maya. Mau ga mau, seorang kakak memang harus melakukannya. Karena gue yakin, kakak manapun ga mau kalau adiknya sampai salah pergaulan, kan.

Sering sekali ketika hp adik gue tergeletak, gue suka buka-buka sosial media mereka. Liat friendlist-nya, followers, following, beranda. Ya... Stalker banget kan ya :(( Tapi, hal itu dilakukan supaya adik gue ini ga aneh-aneh di sosial medianya. Demi adik gitu :((
Dan kemarin, ketika dunia maya dihebohkan dengan adanya #SKIPChallenge yang merenggut korban jiwa, di situlah naluri gue sebagai seorang kakak muncul lebih kuat dari biasanaya.

INI ADIK GUE GA BOLEH SAMPE MAIN BEGINIAN.

Akhirnya, aa sama dd aku ajak ngobrol. Enam mata. Iya, enam mata. Kan bertiga. *Skip* Bener deh. Tiba-tiba jadi obrolan serius. Dan untugnnya, mereka beneran nurut dengan apa yang gue omongin. Alhamdulillah :’’’)) Mereka gue jelasin dari awal, apa itu #SKIPChallenge, kenapa bisa hits, terus apa sih bahayanya buat mereka. Dan mereka memperhatikan apa yang gue omongin dengan sungguh-sungguh. Well... Di sinilah kebahagiaan seorang kakak, ketika nasihat yang disampaikan didengar dengan baik oleh adiknya. Bahagia sekali.....

Sebenernya gue ga tau apa yang sebenernya gue coba sampaikan di sini. Kalian-kalian yang terutama memiliki adik, jagalah adik kalian jangan sampai masuk ke pergaulan serta lingkungan yang salah. Karena itu bisa membuat kalian sebagai kakak mereka menjadi menyesal seumur hidup melihat adik kalian bergaul dengan orang-orang yang bermasalah. 

Dan kalian adik-adik yang memiliki kakak, sejahil dan semenyebalkan apapun kakak kalian, percayalah... dalam hatinya selalu terukir nama kalian, sebagai adiknya. *ntaps
Ya, mungkin udah aja untuk tulisan kali ini. Terimakasih karena selalu mau membaca konten di blog ini meskipun tau kadang ga ada faedahnya.


See ya :’’))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gladion

Halo… Sebelumnya, gue mau mengatakan “Minal Aidzin Walfaidzin” Mohon maaf lahir dan batin ya. Gue minta maaf apabila ada perkataan atau tulisan gue yang tidak berkenan di hati teman-teman. Gue juga hanya manusia biasa :’))
Nah, back to topic kali ini gue mau post tentang “Gladion” Ya pokoknya disimak saja Guys :D

Gladion, adalah seorang Ksatria Web yang fighter modenya berwujud seperti Gladiator (petarung bersenjata, seorang ahli pedang) dengan warna dominan kuning.
Jika Gladion berubah ke bentuk vehicle mode, ia akan beberbentuk seperti kereta steam uap jadul.

Gladion dulunya tinggal disebuah planet di galaksi Andromeda, tapi semua berubah saat Negara api menyerang planetnya itu dihancurkan oleh penjahat yang bernama DELETLOSS. Karena planetnya hancur, Gladion (satu-satunya orang yang selamat) yang sudah berubah menjadi bentuk data, berkelana di luar angkasa untuk mencari tempat tinggal baru. Setelah melakukan perjalanan dengan waktu yang cukup lama, atas bantuan ENGE, Gladion dimasukka…

Review Dive 01 - WebKnight! Gladion

Ada yang tahu film Dennou Boukenki Webdiver? Mungkin hanya segelintir orang yang tau tentang anime robot yang satu ini. Kenapa gue berasumsi kaya gitu? Soalnya kalau misalnya film Webdiver banyak yang tau pasti bakalan banyak orang-orang yang ngepost gambar, film, lagu tentang webdiver ini. ya ngga? Hahaha. *heh*  Lanjut ngomong-ngomong soal webdiver jadi inget masa kecil gue dulu ketika film ini masih di puter di ANTV (2003-2004) sama Spacetoon (2005-2006).
Masih ada yang inget gak jalan ceritanya gimana? *hayo kalau pada lupa lagi sekarang gue share deh jalan ceritanya. Oke. Kita mulai..
Berlatarkan tahun 2100 dimana seluruh komputer diseluruh dunia sudah terhubung ke sebuah tempat permainan virtual yang gerbangnya disebut Magical Gate. Singkat cerita sang pemeran utama Yuki Kento sedang berusaha membuat akses sendiri ke Magical Gate dengan perantara sebuah "robot mainan" yang ia program sedemikian rupa. Awalnya Yuki Kento begitu kesulitan memprogram "mainannya" it…

Ksatria Web

Kalian tahu Anime DENNOU BOUKENKI WEBDIVER atau yang lebih sering disebut WEBDIVER. Kalau yang ngga tau ya udah :(( Kalau yang lupa-lupa ingat, boleh liat post gue yang lain :”
Nah kali ini gue mau ngepost tentang KsatriaWeb yang terdapat di Anime Webdiver ini. KsatriaWeb berjumlah 13 dan mereka menempati Site yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jelasnya :
A.Gladion Site Gladion Site merupakan site yang paling umum, dan banyak dikunjungi oleh manusia. Gladion Site ini berisi 8 KsatriaWeb yang menjaga Area yang berbeda. Ksatria Web yang berada di Gladion Site yaitu :
1.Gladion Menjaga area : Magical Gate (Pimpinan) Teknik : GranVulcan. GranBlaster, GranBlade (BigSlace, VictorySlace (Khusus ketika Victory Mode)), GranMagnum (BigShoot, VicoryShoot (Khusus ketika Victory Mode)), GranShield, GranPunch.

2.Jaguaron
Menjaga area : Wind Area Teknik : Buster Shoot (Gathering Buster)

3.Sharkon
Menjaga area : Aqua Area Teknik : Aqua Tornado

4.Griffyon
Menjaga area : Sky Area Teknik : Whooming Shoot

5.Phoenixio…